Senin, 12 Desember 2011

CUMA PENGEN SHARE TUGAS AJA

Ini salah satu tugas yang dikasih dosen,bukan tergolong terbaik dan susah jugak sih,tapi karena emang pengen share aja.

Nama: Raja Silvi Nur Andrian
NIM : 1002120543
Manajemen SDM

KUIS
1. Dalam kondisi lingkungan yang bergejolak dan berubah manajemen SDM dituntut untuk bersikap lebih proaktif. Jelaskan pernyataan tersebut!
2. Mengapa MSDM itu penting bagi semua manajer?
3. Jelaskan peran dan kontribusi manajer SDM dalam usahanya meningkatkan kualitas SDM?
4. Jelaskan keterampilan-keterampilan menejer berikut ini:
a) Keterampilan konseptual
b) Keterampilan manusiawi
c) Konseptual pengambilan keputusan
d) Konseptual tekhnis
JAWAB
1. Sumber daya manusia keberadaannya menempati posisi yang paling menentukan dalam peningkatan mutu suatu sistem organisasi. SDM yang diperlukan pada era globalisasi ini adalah SDM yang sanggup menguasai teknologi dengan cepat, adaptif dan responsif terhadap perubahan-perubahan teknologi. Menurut Covey (1997) orang yang proaktif akan mengerjakan sesuatu yang terhadapnya mereka dapat berbuat sesuatu, mempunyai energi positif, memperluas dan memperbesarnya, yang akan menyebabkan lingkaran pengaruh mereka meningkat. Dengan adanya sikap yang lebih proaktif pada kondisi yang penuh dengan tekhnologi ini, maka produktivitaspun akan meningkat,sasaran yang dituju lebih tepat,tujuan lebih mudah tercapai dan akhirnya para konsumen akan merasa puas dengan produk yang di produksi. Tidak hanya itu,sikap proaktif juga sangat diperlukan dalam pembentukan karakter karyawan yang dapat meningkatkan etos kerja dan kepercayaan diri karyawan dalam pelaksanaan tugasnya.

2. Sumber daya manusia merupakan asset organisasi yang sangat vital, karena itu peran dan fungsinya tidak bisa digantikan oleh sumber daya lainnya. Betapapun modern teknologi yang digunakan, atau seberapa banyak dana yang disiapkan, namun tanpa sumber daya manusia yang professional semuanya menjadi tidak bermakna (Tjutju,2008).
Tekanan untuk prestasi yang lebih baik tidak pernah hilang dari para manajer SDM. Manajer SDM juga memahami bahwa membangun sistem kerja yang kompetitif dan berprestasi tinggi dalam kondisi perubahan yang sangat cepat bukan hal yang mudah. MSDM penting bagi Manajer karena agar tidak terjadi :
1. Mempekerjakan orang tidak cocok dengan pekerjaan
2. Mengalami perputaran karyawan yang tinggi
3. Menemukan orang-orang Anda tidak melakukan yang terbaik
4. Perusahaan berurusan dengan pengadilan
5. Perusahaan berada di bawah undang-undang keselamatan kerja
6. Memiliki karyawan yang berfikir bahwa gaji mereka tidak adil
7. Membiarkan kekurangan pelatihan
8. Praktik tenaga kerja yang tidak adil


3. Berkualitas bukan hanya pandai tetapi memenuhi semua syarat kualitatif yang dituntut pekerjaan itu sehingga pekerjaan itu benar- benar dapat diselesaikan menurut kompetensi kemampuan, kecakapan, ketrampilan, kepribadian, sikap dan prilaku. Peran seorang manajer dalam meningkatkan kualitas SDM antara lain:
1) Peran Interpersonal
Yaitu hubungan antara manajer dengan orang yang ada di sekelilingnya, meliputi
 Figurehead / Pemimpin Simbol : Sebagai simbol dalam acara-acara perusahaan.
 Leader / Pemimpin : Menjadi pemimpin yag memberi motivasi para karyawan / bawahan serta mengatasi permasalahan yang muncul.
 Liaison / Penghubung : Menjadi penghubung dengan pihak internal maupun eksternal.
2) Peran Informasi
Adalah peran dalam mengatur informasi yang dimiliki baik yang berasal dari dalam maupun luar organisasi, meliputi ;
 Monitor / Pemantau : Mengawasi, memantau, mengikuti, mengumpulkan dan merekam kejadian atau peristiwa yang terjadi baik didapat secara langsung maupun tidak langsung.
 Disseminator / Penyebar : Menyebar informasi yang didapat kepada para orang-orang dalam organisasi.
 Spokeperson / Juru Bicara : Mewakili unit yang dipimpinnya kepada pihak luar.
3) Peran Pengambil Keputusan
Adalah peran dalam membuat keputusan baik yang ditentukan sendiri maupun yang dihasilkan bersama pihak lain, meliputi ;
 Entrepreneur / Kewirausahaan : Membuat ide dan kreasi yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kinerja unit kerja.
 Disturbance Handler / Penyelesai Permasalahan : Mencari jalan keluar dan solusi terbaik dari setiap persoalan yang timbul.
 Resource Allicator / Pengalokasi Sumber Daya : Menentukan siapa yang menerima sumber daya serta besar sumber dayanya.
 Negotiator / Negosiator : Melakukan negosiasi dengan pihak dalam dan luar untuk kepentingan unit kerja atau perusahaan.

4. Keterampilan manajer yang terdiri dari:
a) Keterampilan Konseptual ( Conseptual Skills) adalah kemampuan mental untuk mengkoodisikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi . ini mencakup kemampuan manajer untuk melihat organisasi sebagai suatu keseluruhan dan memahami hubungan antara bagian yang saling bergantung, serta mendapatkan,menganalisa dan menginterpretasikan informasi yang diterima dari bermacam – macam sumber.
b) Keterampilan Kemanusiaan ( Human skills) adalah kemampuan untuk bekerja dengan memahami, dan memotivasi orang lain baik sebagai individu ataupun kelompok. Manajer membutuhkan ketrampilan ini agar dapat memperoleh partisipasi dan mengarahkan kelompoknya dalam pencapaian tujuan
c) Keterampilan Administratif ( Administratif Skills ) adalah keseluruhan ketrampilan yang berkaitan dengan perencanaan,pengorganisasian ,penyusunan kepegawaian dan pengawasan. Ketrampilan ini mencakup kemampuan untuk mengikuti kebijaksanaan dan prosedur , mengelola dengan anggaran terbatas,dan sebagainya. Keterampilan administrative adalah suatu perluasan dari keterampilan konseptual . Manajer melaksanakan keputusan melalui penggunaan keterampilan administrative dan kemampuan kemanusiaan
d) Keterampilan Teknik ( Technicall Skills) adalah kemampuan untuk menggunakan peralatan-peralatan,prosedur-prosedur atau teknik dari suatu bidang tertentu,seperti akuntasi,produksi,penjualan,atau permesinan dan sebagainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar